Rabu, 15 November 2017

Mencari Gubernur Peduli Perikanan dan Kelautan



Pesta demokrasi yang bakal dihelat di seluruh Indonesia dan khususnya di Sulawesi Selatan membuat para calon gubernur berlomba mengeluarkan program kerja untuk disampaikan kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan untuk mencari dukungan pada pemilihan gubernur agar mereka dapat menduduki atau memenangkan pertarungan. Meski diketahui bahwa pemilihan secara langsung ini harus pandai-pandai membuat program dan menarik simpati masyarakat agar apa yang disampaikan itu membuat masyarakat merasa percaya dan mampu dilaksanakan.
Sebab ada juga beberapa program calon gubernur saat masih kampanye banyak dibuat dan setelah terpilih menjadi gubernur, maka program tersebut hanya sebagian kecil yang mampu dilaksanakannya.
Oleh karena itu, persiapan kampanye melalui gebrakan program ini harus benar-benar disimak dan diperhatikan agar masyarakat tidak terkecoh lagi mengingat program kerja ini menjadi penentu pembangunan di daerah ini. Sebab kalau program asal-asalan tentunya Sulsel tidak bisa berkembang, apalagi kalau dilihat sekarang perkembangan Sulsel semakin maju. Jadi siapa pun nantinya yang memimpim daerah ini diharapkan akan lebih meningkat lagi atau mengalami kemajuan yang berarti. Kalau ini yang kurang diperhatikan tentunya daerah ini bisa mundur lagi.
Meski kita ketahui bahwa program kerja semuanya bermuatan ke publik dan tidak sedikit membuat program yang sepertinya kurang rasional lantaran tidak sesuai dengan peruntukannya dan anggaran yang diperlukan sangat besar. Jadi para calon gubernur itu harus melihat juga mana program yang dapat membantu masyarakat secara langsung dan mana program yang hanya puas dengan merasakannya tanpa ada yang dirasakan langsung.
Salah satu program yang harus dicantumkan guna mengentaskan kemiskinan adalah persoalan nelayan yang berdomisili di wilayah pesisir. Sekarang ini para calon gubennur selalu membuat program di darat, sementara di laut tidak pernah ada dan bahkan daerah pesisir itu seperti di anak tirikan. Padahal, wilayah pesisir sangat menentukan keberlangsungan hidup manusia. Tanpa adanya nelayan yang menangkap ikan tentunya orang-orang kota pasti tidak akan makan ikan, sementara nelayan ini terkesan diabaikan.
Jadi para calon gubernur harus memiliki program untuk memberdayakan nelayan. Apalagi Presiden Jokowi selalu memprioritaskan persoalan laut. Seperti poros maritim untuk menyamaratakan harga-harga barang di seluruh Indonesia. Sebab kapan poros maritim tidak digagas tentunya harga barang di Indonesia tidak bakal stabil. Jadi nelayan memang harus diperhatikan agar tingkat kehidupannya bisa sejalan dengan orang-orang yang berdomisili di kota.
Dengan demikian calon gubernur Sulsel yang bakal bersaing harusnya membuat program untuk membantu nelayan yang ada di Sulsel. Apalagi Sulawesi Selatan memiliki panjang garis pantai 1.973,7 km dengan luas perairan laut 45.574,48 km2, disamping luas areal tambak lumayan banyak sehingga wajar kalau calon gubernur itu memasukkan program tentang kepedulian perikanan dan kelautan. Kalau ini dikembangkan tentunya daerah ini bisa menyumbang devisa Negara yang tidak sedikit sebab selain hasil budidayanya yang cukup besar juga hasil tangkapan dan budiaya lautnya juga tergolong banyak. Jadi wajarlah kalau daerah ini bisa menjadi perhatian bagi calon gubernur.
Jangan mengharpkan orang yang berdomisili di kota yang memilih sementara di wilayah pesisir juga banyak penduduk yang akan memilih pemimpinnya. Jadi harusnya disamaratakan agar semuanya bagus dan berjalan sesuai dengan harapan masyarakat. Kalau ini bisa direalisasikan tentunya masyarakat pesisir juga merasa ada perhatian karena kalau tidak ada perhatian sejak mengeluarkan program kerja, maka tentunya apa yang bisa ditagih nanti jika berhasil duduk. Jadi siapa pun yang jadi gubernur nantinya harusnya ada program untuk pemberdayaan nelayan agar nelayan dapat merasakan dampaknya.
Apalagi ada kesan bahwa nelayan itu identik dengan masyarakat miskin yang berdomisili di wilayah pesisir. Jadi para calon pemimpin ini benar-benar harus memperhatikan program yang akan dilemparkan ke tengah masyarakat. Jangan kita selalu mengambil yang mudahnya, sementara yang susah tidak pernah diperhatikan.
Semoga program kerja calon gubernur yang belum memasukkan bisa dimasukkan sebelum melakukan kampanye. Sebab kepedulian terhadap sektor perikanan dan kelautan itu sangat penting mengingat daerah ini kaya akan sumber daya alam. Salah satu contoh adalah budidaya rumput laut yang sudah dikenal bahwa Sulsel itu adalah sentra produksi rumput di Indonesia. Jadi ini harus diperhatikan guna menggenjot pemasukan devisa Negara.
Kalau calon gubernur ini memperhatikan tentunya tidak sia-sia dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kalau masyarakat menjngkat perekonomiannya tentunya yang dapat juga hasilnya adalah para pemimpinnya. Oleh karena itu, sangat diharapkan para calon gubernur bisa membuat program tentang perikanan dan kelautan guna meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan. Semoga apa yang diharapkan ini bisa menjadi kenyataan sebelum pesta demokrasi dimulai secara resmi. Semoga !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar