Rabu, 04 November 2015

Dakwah Pemuda Efektif Redam Peredaran Narkoba



Pemuda sebagai generasi penerus bangsa sangat berperan dalam mengawal bangsa ini ke depan. Pasalnya, pemuda merupakan generasi yang dipersiapkan untuk mengambil alih tongkat estafet kepemimpinan bangsa ini. Sebab peran pemuda dalam memberikan dakwah atau pencerahan kepada pemuda lainnya itu sangat efektif dalam berbegai sudut pandang. Karena pemuda sangat dibutuhkan dimasa akan datang.
Olehnya itu, hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tahunnya itu sangat memberikan inovasi dan inspirasi sebab tanpa adanya pemuda masa lalu, maka pemuda masa kini tidak akan pernah ada. Karena itu, pemuda dalam menjalani hidup di negeri yang dikenal dengan negara hukum, maka semua pihak harusnya menghormati hukum tersebut tanpa ada permainan didalamnya. Sebab selama ini peran hukum di mata masyarakat terkadang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku sebab adanya oknum tertentu yang bisa menyetir aturan hukum itu sendiri, sehingga peran pemuda diharapkan bisa menegakkannya.

Sebab tanpa adanya peran pemuda yang berjiwa nasionalis maka hal tersebut tidak akan mungkin tercapai. Jadi dakwah pemuda dalam memberikan pencerahan bagi kaum muda  maupun yang tua bila salah jalan sangat diharapkan terutama masalah kejujuran. Olehnya itu, pemuda sebagai generasi muda yang sering mendapat kritikan tajam dari kalangan orang tua yang sering membuat sesuatu yang melanggar norma-norma agama ataukah melanggar aturan hukum yang berlaku, seperti misalnya melakukan begal dan merampok disaat ada kesempatan dan waktu, begitupula yang melakoni barang-barang haram semisal narkoba atau obat-obat terlarang lainnya.
Sebab kasus perampokan dan begal ditengah jalan hampir semua yang tertangkap sudah menggunakan narkoba. Bahkan ada yang mengaku melakukan begal untuk mencari pembeli narkoba guna dipakai untuk bersenang-senang bersama teman-temannya. Pemuda seperti ini harus diberi pemahaman agar ke depan kasus peredaran narkoba dan begal bisa diantisipasi dan kalau perlu peredaran narkoba yang sudah tergolong tinggi di daerah ini harus diputus mengingat pemuda sendiri yang akan rusak.
Pasalnya, kalau pemudanya dalam suatu bangsa atau negara terkhusus daerah kabupaten/kota sudah rusak maka ke depan daerah tersebut tidak akan bisa berbuat banyak. Jangankan untuk mengatur daerah, dirinya sendiri tidak mampu diaturnya apalagi kalau mau jadi pemimpin. Jadi peran pemuda sangat diharapkan untuk meminimalisir berbagai gangguan yang terjadi di daerah masing-masing.
Melalui hari sumpah pemuda tahun ini kita wajib merenungi pemuda masa lalu tentang kegigihannya dalam berbuat sesuatu yang positif demi bangsa dan negara. Tapi sekarang pemuda kita sudah mulai melenceng dari apa yang diharapkan oleh pemuda yang dulu. Banyak pemuda yang selalu berfikiran instan dan tidak mempertimbangkan baik buruknya bila melakukan pekerjaan yang kurang terpuji.
Dengan demikian maka dakwah pemuda untuk memberikan pencerahan bagi siapa saja demi untuk menjaga keamanan dan stabilitas keamanan bangsa ini agar prilaku buruk yang selalu dialamatkan kepada generasi muda itu bisa dikikis dan kalau perlu cerita yang kurang baik berganti cerita yang baik. Siapa yang bisa melakukan itu semua ? tentunya pemuda yang merasa anak bangsa di negeri ini wajib menjaga nama baik daerahnya masing-masing terutama lingkungan keluarganya. Jadi peran pemuda itu bisa disampaikan melalui tulisan atau diskusi maupun mengajar atau pertemuan seminar, semua tempat itu bisa dijadikan sebagai wadah untuk mencerdaskan anak bangsa.
Nah, kalau anak bangsa ini tidak lagi terpengaruh dengan kehidupan yang merugikan dirinya termasuk bangsa dan negara, maka itu harus dipertahankan karena memang pemuda-pemuda tanggung yang dibutuhkan negara ini kedepan. Sebab kalau pemudanya yang lemah maka apapun dilakukan pasti kita bisa “terjajah” oleh bangsa lain. Seperti halnya persoalan narkoba yang sudah menyasar daerah-daerah pedalaman apalagi kota-kota besar lainnya di tanah air. Makanya persoalan narkoba yang sudah memasuki unsur “penjajahan” moral anak muda dibandingkan dengan unsur bisnisnya, walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis narkoba itu tetap yang menjadi nomor satu, dibalik unsur lainnya yang tersimpan jauh lebih berbahaya dan bahkan bisa mengacaukan negara ini.
Kalau kita mengamati dan memperhatikna berbagai jalur distribusi narkoba yang masuk ke Indonesia seperti dari Malaysia, Singapura dan lain-lain. Kesemuanya itu selalu megarah ke Indonesia karena selain bisnis narkoba terkesan “bisnis seksi” sehingga semua bandar dan pengedar tidak bosan melakukan penyelundupan. Apalagi pangsa pasrnya sangat jelas karena orang-orangnya sudah didata dengan rapi. Bahkan pangeran Arab saja menyelundupkan narkoba sebanyak dua ton. Ini berarti bahwa bisnis narkoba itu bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa pilih merek. Jadi sekarang kita harus bentengi diri sendiri untuk menghindari narkoba.
Olehnya itu, peran pemuda untuk mengantisipasi lebih berkembangnya peredaran narkoba ini sangat diharapkan terutama di Sulawesi Selatan yang tergolong sangat tinggi penggunaan narkoba. Bahkan tidak sedikit generasi muda yang terkena penyakit HIV/AIDS karena kecanduan barang haram tersebut. pemuda sebagai generasi pelanjut yang bisa menjadi teladan dan diakui oleh seluruh masyarakat tak terkecuali masyarakat luar negeri, sehingga waktu mudanya harus benar-benar dimanfaatkan kepada jalur yang positif. Sebab hidup ini hanya sementara sehingga diperlukan tindakan atau pemikiran yang bisa menjadi catatan sejarah dimasa akan datang dengan kecerdasannya.
Mudah-mudahan dengan hari sumpah pemuda yang setiap tahunnya diperingati dapat disimak dan dijiwai betapa pentingnya generasi muda bagi bangsa dan negara. Tanpa adanya pemuda maka negara ini mau dibawa kemana. Sebab generasi tua pasti akan berlalu yang digantikan oleh generasi muda sebagai pemimpin masa depan. Semoga !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar